8 Trik Sains Menggunakan Air

20.02 Arie Akbar 0 Comments

1. Panah Terbalik
Bahan dan Alat :
1. Air
2. Gelas Kaca
3. Kertas
4. Spidol
Caranya :
1. Kertas dibuat tanda panah dengan arah yang sama menggunakan spidol, 
2. Terus sandarin di mana aja terserah
3. Isi gelas dengan air mineral perlahan-lahan, amati arah panah 
Penjelasan:
Dengan air di dalamnya, gelas kaca akan bertindak seperti lensa cembung (bagian tengah lebih tebal dari tepi) yang menghasilkan bayangan gambar yang terbalik bila dilihat pada jarak di luar titik fokusnya

2. Pepper and Soap
Bahan dan Alat :
1. Air
2. Mangkuk / Baskom
3. Lada secukupnya aja
4. Sabun (bisa sabun cuci piring)
Caranya :
1. Pertama kita isi dulu baskom / mangkok menggunakan air
2. Lalu masukin lada tadi ke dalam air
3. Coba agan celupin tangan agan ke dalam air nya, apa yang terjadi apakah ada perbedaan pada ladanya? kalo ada berarti ajaib kalo ga ada memang proses nya belom beres, hahai
4. Nah disini agan tetesin tangan agan make sabun dikit aja, terus celupin tangannya ke air yang diisi lada tadi. Lihat perbedaannya
5. Kalo belom ada perbedaan tambahin dikit lagi tetesan sabun ke tangannya, gitu terus aja sampe berhasil  
Penjelasan :
Saat jari agan yang telah diberikan sabun cair dicelupkan ke dalam air lada tadi maka akan terlihat lada menjauh dari jari. Kenapa? Itu dikarenakan adanya perubahan tegangan permukaan air. Ketika jari yang bersabun disentuh ke air lada maka tegangan permukaan air menurun. Saat tegangan permukaan air turun, air menyebar dan membawa bubuk lada ke tepi piring air secara merata.

3. Wiski dan Air Anti Gravitasi
Bahan dan Alat :
1. Air
2. Wiski / Minyak
3. Gelas 2 buah
4. Kartu Remi 1 buah / Kartu yang agak tebelan
Caranya :
1. Pertama kita isi gelas pertama dengan air putih biasa
2. Selanjutnya kita isi gelas 1 lagi dengan wiski / minyak
3. Gelas yang berada di bawah adalah gelas yang berisi wiski / minyak
4. Tutup gelas yang berisi air dengan kartu, lalu taruh kartu dan gelas tadi ke gelas yang berisi wiski / minyak
5. Jika sudah lalu kita geser kartu remi secara perlahan sampai tercipta sedikit celah kecil
6. Lalu amati selama beberapa menit, agan udah bisa deh maen sulap make trik ini 
Penjelasan :
Hal ini bisa terjadi karena wiski yang mengandung alkohol 40%, yang kepadatannya (density) lebih rendah dari air biasa. Saat kartu digeser dan membuat celah kecil, air merembes meski tidak terlihat. Wiski yang lebih ringan dipaksa "ditendang" keluar ke gelas di atasnya.

4. Balon Fire Proof
Bahan dan Alat :
1. Air
2. Balon, boleh lebih dari 1
3. Lilin / korek juga bisa
4. Pemompa balon / mau make mulut juga boleh biar mesra, hahaha
Caranya :
*Mau cobain yang ga diisi air boleh, caranya tinggal tiup balonnya iket terus nyalain lilin dan taroh balon di atas lilin / korek. Hasilnya pasti ... bedain sama yang udah make air nanti.....
1. Pertama isi dulu balon make air, ga usah banyak-banyak secukupnya aja
2. Tiup balon yang udah diisi air tadi tapi ga usah gede-gede juga jangan lupa diiket
3. Kalo udah agan boleh nyalain lilinnya, kalo mau make korek juga boleh tapi repot megangin balonnya, kecuali balonnya dipegangin atau di gantung di tali rafia
4. Sekarang balon yang keliatan airnya deketin ke api, dan duoooorr ga akan terjadi apa-apa kok beda kan sama balon yang ga diisi air, tapi agan jangan deketin balon yang ga keisi air ke api entar yang ada pecah
Penjelasan :
Sebenernya ini berhubungan sama pelajaran kita waktu di SMP tentang azas black, semoga masih pada inget, Jadi suhu panas yang diberikan oleh api akan diserap oleh air yang ada di dalam balon sehingga suhu menjadi seimbang.

5. Air Terjun Laser
Bahan dan Alat :
1. Air
2. Botol Plastik Bekas
3. Laser
Caranya :
1. Pertama isi dulu botol sama air ga usah penuh-penuh kalo sayang air, hehe
2. Sekarang kita bolongin botol tadi, tapi lubang nya itu harus di bawah air jangan di atas air
3. Selanjutnya arahin lasernya ke arah lubang tadi
4. Terus tadahin air yang jatoh ke tangan kita, laser nya jadi di tangan deh 
Penjelasan :
Kepadatan air lebih besar dari udara, sehingga cahaya dari dalam air akan berbelok, dan tergantung dari sudutnya, sebagian ada yang terpantul balik ke air, begitu berulang-ulang sehingga terlihat cahayanya berbelok.

Prinsip yang sama digunakan pada pengiriman sinyal dengan serat optik.


6. Glow In The Dark Water
Bahan dan Alat :
1. Air Tonik
2. Lampu Ultra violet
3. Botol Plastik Bekas
Caranya :
1. Isi botol pake air tonik terlebih dahulu
2. Terus kita bawa ke tempat gelap botol tadi, terus kita nyalain lampu ultra violet tadi beberapa saat aja
3. Udah gitu kita matiin lampu ultra violet nya dan lihat botol yang berisi air tonik tadi bisa menyala
Penjelasan :
Air tonic (tonic water) mengandung bahan yang disebut fosfor. Bahan ini memiliki sifat phosphorescence, yaitu sifat yang dapat menyerap radiasi dan mengeluarkannya kembali dalam beberapa saat.

7. Anti Gravity Water
Bahan dan Alat :
1. Air
2. Botol Bekas 
3. Tutup botol (Coca Cola, Sprite, dsb)
4. Obeng
5. Tusuk Gigi
6. Karet
Caranya :
1. Kenapa ane bilang make tutup botol coca-cola, sprite, dsb? Soalnya di tutup botol nya tuh ada apa tuh namanya yang nempel di tutup nya itu, nah itu kita bisa manfaatin, caranya ambil pake obeng tapi bukan yang obeng kembang ya gan 
2. Udah dapet plastik nya kita lubangin di tengah plastiknya make tusuk gigi
3. Sekarang kita isi air di botol sampe penuh ya
4. Karetin yang tipis-tipis tadi ke mulut botol 
5. Sekarang kita balik botol tadi dan tahan sebentar pake tangan kita
6. Udah gitu lihat air nya jadi ga keluar, dan sekarang masukin tusuk gigi tadi dan amati gan, hahai
Penjelasan :
Saat botol dibalik, sesungguhnya tekanan udara luar mendorong lingkaran platik yang didapat dari tutup botol itu sehingga air tetap berada di tempatnya

8. Instant Freeze
Bahan dan Alat :
1. Air Mineral yang masih baru
2. Es Batu
Caranya :
1. Air mineral yang tadi itu kita buat sampe suhunya menjadi 0 derajat celcius tapi jangan beku duluan
2. Kalo udah suhu nya mencukupi, sekarang banting es ke meja atau apapun, perlahan-lahan air akan membeku sendiri
3. Nah air yang di dalem botol itu kan ga semuanya membeku, mendin kita manfaatin tuh air yang belom jadi es nya
4. Caranya siapin es batu, terus kita siram make air sisa yang ada di botol, alhasil air jadi es juga deh
Penjelasan :
Air yang dalam kondisi 0 derajat celcius itu adalah kondisi setimbang antara fase pada (es) dan fase cair. Kalau di berikan goncangan air nya maka kesetimbangan airnya jadi bergeser ke kesetimbangan es

0 komentar: